Mengetahui Rahasia Parenting Ala Orang Jepang. Kamu Juga Bisa Menerapkannya Lho!

mengetahui parenting ala orang jepang

Mengetahui Parenting Ala Orang Jepang – Parenting merupakan salah satu tugas yang sangat berat. Setiap orang tua pasti memiliki pola asuhnya tersendiri, yang tentunya hal tersebut dipengaruhi juga oleh budaya sekitar. Nah berbicara mengenai budaya parenting, kurang afdol rasanya kalau tidak membahas gaya parenting dari para orang tua di Jepang yang bisa membuat anak lebih disiplin. Sebenarnya bagaimana sih gaya parenting yang diterapkan oleh para orang tua di Jepang, sehingga anaknya tumbuh menjadi pribadi yang disiplin?  

Mengetahui Parenting Ala Orang Jepang

mengetahui parenting ala orang jepang

Gaya parenting orang Jepang menjadi sorotan karena berbeda dari parenting dari negara-negara lain. Hal ini karena, orang tua di Jepang tidak memanjakan anaknya. Sebaliknya, mereka mendorongnya untuk mandiri sejak dini. Selain itu, para orang tua lebih menitik beratkan pada pendidikan moral dan kedisiplinan untuk anak-anaknya. Sifat-sifat seperti : kejujuran, rendah hati serta menghormati orang tua menjadi landasan parenting ala orang Jepang. 

Budaya Parenting Ala Orang Jepang

mengetahui parenting ala orang jepang

Simak yukk! Berikut beberapa metode parenting ala orang Jepang, yang bisa kamu terapkan sebagai metode parenting kamu.  

Parenting Ala Orang Jepang Dengan Membangun Hubungan Yang Kuat Antara Orang Tua Dan Anak

Kebanyakan orang tua Jepang selalu berupaya untuk selalu membangun bonding kepada anak-anak mereka, mereka juga berusaha menjadi panutan anak-anak mereka. Selain itu, orang tua Jepang juga selalu memberi perhatian ekstra pada emosi anak-anak mereka dan tidak mengabaikan perasaan mereka. Uniknya meskipun para orang tua selalu mencurahkan perhatian pada anak, konsep mengoreksi atau menegur anak saat melakukan kesalahan juga tetap diterapkan oleh orang tua jepang.  

Parenting Ala Orang Jepang Dengan Memberikan Pemahaman Tentang Kesetaraan

Anak-anak Jepang diajarkan untuk hidup bersosialisasi sejak dini. Dalam prosesnya, orang tua juga akan mengajarkan beberapa konsep bersosialisasi. Salah satunya dengan memberikan pemahaman mengenai kesetaraan dalam masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak bisa saling menghargai satu sama lain. Memberikan pemahaman kesetaraan terhadap anak-anak juga bisa mencegah terjadinya kasus bullying. Karena dengan adanya pemahaman tersebut, kesenjangan sosial tidak akan menjadi sorotan dalam bermasyarakat.  

Parenting Ala Orang Jepang Dengan Mengajarkan Sikap Tanggung Jawab

Penanaman sikap tanggung jawab sudah dilakukan sejak dini oleh para orang tua Jepang. Proses pengenalan sikap ini, pertama kali dilakukan dengan cara yang sederhana. Salah satunya dengan mengajarkan untuk mengembalikan mainan pada tempatnya setelah selesai digunakan. Selain itu, para orang tua juga selalu melibatkan anak-anak mereka dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Anak-anak akan memahami tanggung jawab mereka terhadap diri mereka saat mereka dilibatkan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. 

Kesimpulan

Setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya, beberapa orang tua juga menerapkan gaya parenting terhadap anak-anak mereka. Nahh yang perlu kamu tahu bahwa parenting yang diterapkan oleh orang tua memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pribadi anak lho. Kamu bisa lho meniru gaya parenting ala orang Jepang, dengan menerapkan beberapa metode diatas. Selamat mencoba yaa.   

 

Baca Juga :

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×