Saatnya Mengetahui Sistem Pendidikan Jepang. Salah Satu Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia

mengetahui sistem pendidikan jepang

Mengetahui Sistem Pendidikan Jepang – Kamu tau gak sih, ternyata anak-anak atau pelajar di Jepang memiliki tingkat literasi dan numerasi tertinggi di dunia. Hal ini, karena sistem pendidikan Jepang yang dinilai unik dan berbeda dari negara lain lho. Penasaran dengan sistem pendidikan diterapkan disana? Baca informasinya berikut ini yaa.  

Sekilas Mengenai Pendidikan Di Jepang

Untuk tahun ajaran baru dimulai setiap bulan April dengan sistem tiga semester. Nah Jepang ini juga merupakan salah satu negara yang memiliki jam sekolah terlama lho. Salah satu tujuan dari pendidikan di Jepang yaitu membuat para anak-anak selalu melakukan kegiatan. Oleh karena itu, meskipun sudah belajar di sekolah dengan jam belajar yang lama. Saat liburan pun siswa di Jepang juga memiliki tugas rumah yang harus dikerjakan. Nah untuk liburannya sendiri berlangsung selama 6 minggu selama liburan musim panas dan sekitar 2 minggu selama liburan musim dingin dan musim semi. 

Sistem Pendidikan Di Jepang

Nah untuk kamu yang penasaran dengan sistem pendidikan di Jepang. Sebenarnya tidak begitu berbeda dengan negara-negara lain lho. Akan tetapi, tentu saja memiliki keunikannya sendiri. Langsung baca aja yuk informasi ini.  

Sistem Pendidikan Jepang : Pendidikan Dasar (Kelas 1 sampai 6)

mengetahui sistem pendidikan jepang

Anak-anak yang berusia 3 tahun bersekolah di taman kanak-kanak, yang terkadang disebut preschool. Pada tahap ini anak-anak disiapkan untuk ke sekolah dasar dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti menyanyi, menari, dan menggambar. Kemudian semua anak di Jepang akan melanjutkan ke sekolah dasar saat berusia 6 tahun yang berlangsung selama enam tahun atau sampai mereka berusia 12 tahun. Pada saat ini anak-anak menerima instruksi dalam keterampilan membaca dan menulis dasar, bahasa dan sastra Jepang, serta disiplin ilmu termasuk sains, matematika, ilmu sosial, pendidikan jasmani, seni, musik, pendidikan moral, dan banyak lagi. 

Sistem Pendidikan Jepang : Sekolah Menengah (Kelas 7 hingga 12)

mengetahui sistem pendidikan jepang

Pembagian lebih lanjut dari sistem ini menjadi dua tingkatan: Sekolah Menengah Pertama/SMP dan Sekolah Menengah Atas/SMA. 

  • Pendidikan Menengah Pertama adalah untuk anak-anak antara usia 12 dan 15 dan berlangsung selama tiga tahun, terdiri dari kelas 7 sampai 9. Para siswa mempelajari konsep yang lebih kompleks dalam berbagai bidang, seperti studi sosial, matematika, fisika, seni rupa, pendidikan jasmani, bahasa asing, dll. 
  • Pendidikan menengah atas atau SMA. Siswa yang berusia 15 tahun ke bawah menerima pendidikan mereka di tingkat menengah atas. Kelas 10 hingga 12 termasuk dalam fase sistem pendidikan Jepang ini, dan kurikulum semakin berorientasi pada spesialisasi seperti aliran Sains, aliran perdagangan, dll. Platform yang ditawarkan kepada siswa memungkinkan mereka membiasakan diri dengan pengetahuan dalam berbagai berbagai sektor, antara lain bisnis, teknologi informasi, akuntansi, budidaya ikan, dan masih banyak lagi. 

Sistem Pendidikan Jepang : Pendidikan Tinggi 

mengetahui sistem pendidikan jepang

Sistem pendidikan Jepang tidak mengharuskan siswa menyelesaikan sekolah menengah atas. Meskipun tingkat pendidikan Menengah Atas tidak wajib, menghadiri Sekolah Menengah Pertama adalah wajib bagi setiap siswa di Jepang. Artinya, seorang siswa harus mengikuti pendidikan minimal 9 tahun. Setelah menyelesaikan sekolah menengah dan lulus ujian masuk, siswa yang memilih untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi dapat mendaftarkan diri pada program yang mereka pilih di universitas. 

Undergraduate 

Para siswa memiliki berbagai universitas nasional, negeri, dan swasta untuk dipilih untuk studi sarjana mereka. Dengan pengecualian di bidang kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, dan ilmu kedokteran hewan, yang membutuhkan studi enam tahun, karena program tingkat sarjana ini biasanya berlangsung selama empat tahun. 

Pelatihan Profesional atau Khusus

Institusi semacam ini menyediakan kursus satu atau dua tahun yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan individu yang ingin mengejar pekerjaan tertentu dan meningkatkan keterampilan mereka di industri tersebut. 

Junior Colleges

Berbagai konsep yang berkaitan dengan topik seperti Humaniora, Ekonomi Rumah Tangga, Keperawatan, Pendidikan, dan Sosiologi diajarkan kepada siswa yang mendaftar di perguruan tinggi junior. Durasi studi di perguruan tinggi ini bervariasi dari dua sampai tiga tahun tergantung pada departemen. 

Technology Colleges

Dibuat khusus untuk menyebarkan informasi dalam bidang studi yang berkaitan dengan teknik, perkapalan pedagang, dan profesi profesional lainnya. Siswa yang lulus dari sekolah menengah atas atau sekolah menengah pertama dapat mendaftar untuk kursus yang disediakan oleh lembaga pendidikan ini. Program yang ditawarkan di sini berlangsung selama lima tahun, atau terkadang lima setengah tahun. 

Studi Pascasarjana

Program pascasarjana dalam sistem pendidikan Jepang memberi siswa kesempatan untuk memperoleh pengetahuan lanjutan. Siswa memiliki pilihan untuk mendaftar di berbagai program tingkat master dan doktoral di bidang pilihan mereka setelah menyelesaikan gelar sarjana. Program master biasanya berlangsung selama dua tahun dan program tingkat doktoral berlangsung selama 5 tahun atau lebih. 

Kesimpulan 

Penerapan sistem pendidikan berbeda pada setiap negara. Setelah mengetahui sistem pendidikan Jepang, kamu tahu kan mengapa pendidikan di Jepang menjadi salah satu pendidikan yang bagus. Nah sistem pendidikan Jepang memiliki beberapa perbedaan dari negara lain, yang membuat sistem pendidikan Jepang menjadi unik.   

Baca Juga : Lihat Panduan Wisata Untuk Turis Muslim Di Jepang Berikut Ini Yuk!

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×