Info Penting! Ini Dia Beberapa Lembaga Penyelenggara Beasiswa Kuliah Di Jepang

lembaga penyelenggara beasiswa kuliah di jepang

Lembaga Penyelenggara Beasiswa Kuliah Di Jepang – Menuntut ilmu tidak hanya bisa kamu lakukan di dalam negeri saja, akan tetapi bisa kamu lakukan juga di luar negeri. Manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu melakukan studi ke luar negeri, yaitu mendapat ilmu dan juga bisa mendapatkan pengalaman baru. Istilahnya sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Nahh, salah satu Negara yang paling sering dipilih pelajar untuk melanjutkan pendidikan mereka adalah Jepang.

Mengapa Jepang Menjadi Negara Favorit Untuk Melanjutkan Pendidikan? 

lembaga penyelenggara beasiswa kuliah di jepang

Jepang merupakan satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Oleh karena itu banyak pelajar asing tertarik untuk belajar di sana. Ada banyak keuntungan lainnya jika kamu melanjutkan pendidikan di Jepang. Salah satunya karena jepang merupakan negara yang aman untuk warga asing, selain itu Jepang juga memiliki sistem kesehatan yang baik. Beberapa hal itulah yang menjadikan Jepang sebagai salah satu Negara favorit untuk melanjutkan pendidikan.  

Lembaga-Lembaga Penyelenggara Beasiswa Kuliah Di Jepang

lembaga penyelenggara beasiswa kuliah di jepang

Nah, biasanya yang menjadi permasalahan umum jika kamu memilih untuk menuntut ilmu ke luar negeri adalah soal biaya. Kamu tidak perlu lagi mempersoalkan biaya jika ingin menuntut ilmu ke luar negeri. Seperti yang kamu tahu bahwa sekarang sudah banyak lembaga pemerintahan ataupun institusi, yayasan dan organisasi yang mengadakan program beasiswa untuk para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan. Beasiswa pendidikan ke Jepang sebagian besar ditawarkan untuk mahasiswa tingkat universitas atau lebih tinggi dan peneliti. Ini dia beberapa lembaga penyelengara beasiswa ke jepang, khusus untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke Jepang. 

Lembaga Penyelenggara Beasiswa Kuliah Di Jepang Dari Pemerintah Indonesia

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 

Pemerintah Indonesia menawarkan Beasiswa LPDP kepada pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 di universitas dalam dan luar negeri. Kabar baiknya, beasiswa LPDP tersedia juga untuk banyak instansi pendidikan di Jepang. Program beasiswa ditawarkan setiap tahun dengan tiga kategori seperti program beasiswa reguler (umum), program beasiswa targeted group, dan program beasiswa afirmasi.  Beasiswa LPDP akan mencakup biaya pendaftaran, biaya kuliah, tunjangan buku (Rp 10 juta), biaya penelitian (Rp 30-50 juta), biaya seminar internasional (Rp 5-15 juta), biaya publikasi jurnal internasional (Rp 15-25 juta), biaya transportasi, biaya aplikasi visa, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan (Rp 11,5-36,1 juta), dan tunjangan keluarga khusus doktor (25% dari biaya hidup bulanan). 

Beasiswa DIKTI 

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) menawarkan Beasiswa (DIKTI) beasiswa bagi calon dosen dan dosen yang ingin melanjutkan pendidikan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Bisa kamu gunakan untuk menempuh pendidikan S2 dan S3 yaa.  Ada tiga program beasiswa DIKTI yang tersedia: program sandwich, program beasiswa luar negeri, dan program beasiswa dalam negeri. Beasiswa DIKTI dapat digunakan untuk membayar biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan, tunjangan buku, biaya penelitian, asuransi kesehatan, dan tunjangan keluarga untuk program beasiswa luar negeri. Program beasiswa DIKTI ini bisa kamu jdikn pilihan untuk melanjutkan studi ke Jepang juga. 

Lembaga Penyelenggara Beasiswa Kuliah Di Jepang Dari Pemerintah Jepang

Beasiswa Monbukagakusho (MEXT) 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi Jepang, yang dikenal sebagai MEXT. Menawarkan Beasiswa Monbukagakusho kepada siswa asing yang ingin melanjutkan pendidikan di institusi pendidikan Jepang. Beasiswa MEXT ini menawarkan 6 program untuk pelajar Indonesia yaitu program College of Technology, Professional Training College (untuk lulusan SMA), Undergraduate, Teacher Training (untuk guru), Japanese Studies (untuk mahasiswa program studi Jepang), dan Research Student (untuk S2 atau S3). Keungtungan dari beasiswa ini mencakup tanggungan biaya kuliah, ujian masuk universitas, biaya matrikulasi, biaya hidup bulanan (senilai 117,000 JPY untuk mahasiswa S1, 144,000 JPY untuk mahasiswa S2, dan 145,000 JPY untuk mahasiswa S3), tunjangan kedatangan (2,000-3,000 JPY untuk area tertentu), dan biaya transportasi PP satu kali (ditanggung MEXT atau universitas). 

Beasiswa Aichi 

Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah prefektur Aichi di Jepang kepada mahasiswa Asia yang ingin melanjutkan S2 dengan program studi manufaktur industri di universitas prefektur Aichi. Prefektur Aichi Jepang, terdapat empat universitas: Universitas Nagoya, Universitas Aichi, Universitas Chukyo, dan Universitas Teknologi Toyohashi. Beasiswa ini mencakup biaya hidup bulanan (senilai 150,000 JPY), biaya perjalanan dan pendidikan (termasuk biaya kuliah, pendaftaran, dan ujian masuk universitas). 

Lembaga Penyelenggara Beasiswa Kuliah Di Jepang Dari Yayasan Dan Perusahaan Jepang

Beasiswa Mitsui Bussan 

Beasiswa yang diberikan oleh yayasan Mitsui ini berlaku selama 5,5 tahun. Ada dua bidang studi yang bisa kamu pilih jika melamar beasiswa ini. Pertama program studi Sains dan Teknik. Kedua program studi Ilmu Sosial, Bisnis, dan Perdagangan untuk masa studi 4 tahun. Selain itu, beasiswa Mitsui Bussan juga mencakup biaya hidup bulanan (senilai 145,000 JPY), biaya perjalanan PP (di awal dan akhir masa beasiswa), tunjangan kedatangan (50,000 JPY), biaya kuliah (termasuk biaya pendidikan bahasa Jepang dan biaya pendaftaran), biaya tempat tinggal (5,000 JPY saat tinggal di asrama Japanese Language Center dan 25,000 JPY untuk tinggal di tempat yang telah ditentukan oleh pihak pemberi beasiswa), tunjangan kesehatan, dan tunjangan buku. 

Beasiswa JASSO 

JASSO adalah organisasi Jepang yang memberikan layanan kepada siswa yang juga merupakan lembaga administratif independen yang berada di bawah MEXT. JASSO juga menawarkan dua jenis beasiswa, yang pertama adalah Monbukagakusho Honors Scholarship for Privately Financed. Beasiswa ini khusus untuk siswa internasional yang diterima di berbagai sekolah lanjutan di Jepang. Berbeda dengan yang pertama, yang kedua menawarkan beasiswa kepada siswa yang sedang mengikuti program pertukaran pelajar di Jepang.  

Beasiswa Panasonic 

Sejak tahun 1998, Panasonic Corporation telah aktif memberikan beasiswa kepada mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi S2 di perguruan tinggi Jepang. Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Bioteknologi, Pertanian, dan Teknologi Informasi adalah jurusan utama yang diprioritaskan oleh beasiswa Panasonic. Setiap tahunnya, tunjangan biaya yang ditanggung yayasan bisa mencapai 48 juta rupiah. Tunjangan tersebut mencakup biaya hidup, tunjangan penelitian, biaya kuliah, dan biaya transportasi. 

Beasiswa INPEX 

Beasiswa yang satu ini diberikan oleh INPEX Foundation untuk pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 di universitas Jepang selama tiga tahun masa studi. Biasanya setiap tahun terdapat 3 penerima beasiswa INPEX. Para penerima beasiswa akan diberikan beasiswa yang mencakup biaya kuliah, biaya ujian masuk, biaya masuk kuliah, biaya hidup bulanan (senilai 160,000 JPY), tiket pesawat PP (hanya satu kali), dan biaya transportasi selama masa studi di Jepang. Adapun jurusan yang bisa dipilih oleh pelamar beasiswa INPEX adalah yang termasuk ke dalam program studi Ilmu Pengetahuan Alam. 

Beasiswa Ajinomoto 

Beasiswa Ajinomoto diberikan kepada pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 ke universitas di Jepang oleh PT. Ajinomoto Indonesia melalui Ajinomoto Foundation. Program studi Biologi, Ilmu Kimia, Teknologi, Pangan, dan Kesehatan Masyarakat merupakan jurusan yang diutamakan untuk Beasiswa Ajinomoto. Telah ada 7 universitas yang bekerja sama dengan beasiswa Ajinomoto. Beberapa diantaranya seperti Universitas Tokyo, Universitas Kyoto, Universitas Nagoya, Institut Teknologi Tokyo, Universitas Ochanomizu, Universitas Waseda, dan Kagawa Nutrition University. Biaya kuliah dan biaya hidup bulanan (senilai 150,000 JPY untuk mahasiswa pascasarjana dan 180,000 JPY untuk mahasiswa doktoral) adalah biaya yang bisa kamu dapatkan dari Beasiswa ini.  

Beasiswa Hitachi 

Beasiswa Hitachi adalah program dari The Hitachi Scholarship Foundation. Diberikan kepada para dosen dan calon dosen dari empat perguruan tinggi negeri di Indonesia. Antara lain UI, ITB, UGM, dan ITS, yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 pada bidang Sains dan Teknologi. Ke Jepang. Pihak yayasan beasiswa Hitachi akan menanggung biaya kuliah, pendaftaran, kegiatan seminar, hidup bulanan (180,000 JPY), tiket pesawat pulang-pergi, biaya tempat tinggal (40,000 JPY /bulan), dan penelitian (50,000 JPY untuk penelitian domestik dan 200.000 JPY untuk penelitian internasional). 

Kesimpulan

Belajar ke luar negeri memungkinkan kamu untuk meningkatkan keterampilan bahasa, mendapatkan pengalaman merasakan budaya yang beragam dan memperluas perspektif kamu tentang dunia. Kamu tidak perlu lagi mempermasalahkan tentang biaya. Karena beberapa lembaga penyelenggara beasiswa kuliah di jepang diatas bisa menjadi penolong kamu untuk permasalahan itu. Semoga infonya bermanfaat untuk kamu.   

 

Baca Juga : Ketahui Cara Memakai Sumpit Ala Orang Jepang

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×