Gawat! Jepang Terancam Krisis Populasi. Ketahui Apa Saja Penyebabnya Yukk

jepang terancam krisis populasi

Jepang Terancam Krisis Populasi – Jepang adalah salah satu negara maju. Negara ini juga terkenal dengan kemajuan teknologinya yang luar biasa. Akan tetapi, populasi di Jepang semakin menurun dalam 10 tahun terakhir. Bagaimana ini bisa terjadi dan apa penyebab dari penurunan populasi yang terjadi di Jepang ini yaa? Simak langsung informasinya dibawah ini yaa! 

Menurunnya Populasi Di Jepang

Populasi Jepang telah menurun sejak tahun 2010. Penurunan yang terjadi juga semakin cepat dalam beberapa tahun terakhir. Setiap tahun selama 10 tahun terakhir, negeri Sakura ini kehilangan populasi penduduk sebanyak 644.000 pada tahun 2020–2021. Populasi penduduk Jepang diprediksi akan semakin menurun menjadi sekitar 88 juta pada tahun 2065. Yang artinya mengalami penurunan sebanyak 30 persen dalam 45 tahun. 

Faktor Penyebab Penurunan Populasi Jepang

Penurunan populasi yang terjadi di Jepang bukan tanpa sebab lho. Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya penurunan populasi tersebut. Nahh sekarang saatnya untuk kamu tahu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya penurunan populasi di negeri Sakura itu. Beberapa faktor berikut ini yang menjadi penyebab Jepang terancam menghadapi krisis populasi. Langsung baca saja yukk. 

Jepang Terancam Krisis Populasi Karena Rendahnya Angka Kelahiran

jepang terancam krisis populasi

Pada tahun 2020 angka kelahiran Jepang turun ke rekor terendah. Ini terjadi karena penundaan pernikahan akibat pandemi. Jumlah pernikahan di Jepang juga menurun 12,3 persen menjadi 525.490 pernikahan. Tingkat kesuburan disana juga turun menjadi 1,34 persen, termasuk yang terendah di dunia. 

Jepang Terancam Krisis Populasi Karena Penduduk Lebih Memilih Untuk Bekerja

jepang terancam krisis populasi

Orang Jepang terkenal sangat disiplin, imajinatif, teliti, dan rajin. Nahh kecintaan penduduk pada pekerjaan mereka sulit untuk digoyahkan. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Jepang mengalami penurunan populasi. Hal ini karena para penduduk disana lebih memilih untuk bekerja daripada menikah dan memiliki keluarga.  

Jepang Terancam Krisis Populasi Karena Penduduk Kurang Tertarik Untuk Memulai Hubungan Pernikahan

jepang terancam krisis populasi

Persepsi lain tentang berada dalam suatu hubungan adalah sebagai batasan atau hilangnya sebagian kebebasan. Kebanyakan penduduk Jepang beranggapan bahwa pernikahan dapat mengubah prioritas seseorang. Itulah faktor yang menyebabkan orang Jepang tidak tertarik untuk menjalin hubungan asmara.  

Kesimpulan

Krisis populasi yang terjadi di Jepang disebabkan oleh beberapa alasan. Tingkat kelahiran yang turun drastis karena semakin sedikit orang yang ingin menikah menjadi faktor utama dari permasalah ini. Tentu saja, situasi ini sangat memprihatinkan karena jika dibiarkan akan menyebabkan Jepang menghadapi krisis demografis yang sangat signifikan.    

Baca Juga : Intip Yukk! Jurusan Kuliah Apa Saja Yang Menjadi Favorit Mahasiswa Internasional Di Jepang

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×