Saatnya Mengenal Metode Diet Defisit Kalori Yang Sedang Viral

mengenal metode defisit kalori

Mengenal Metode Defisit Kalori – Pernah mendengar istilah defisit kalori? Beberapa waktu belakangan istilah ini sedang ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan defisit kalori. Jangan kemana-mana yaa, karena sebentar lagi kamu akan mendapatkan berbagai informasi mengenai defisit kalori. 

Pengertian Defisit Kalori

mengenal metode defisit kalori

Defisit kalori merupakan salah satu metode menurunkan berat badan. Nahh untuk menerapkan metode ini, kamu bisa mulai dengan mengonsumsi kalori lebih sedikit dari kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Saat kebutuhan kalori pada tubuh kamu tidak terpenuhi, maka tubuh kamu akan mencari sumber tenaga lain. Sumber tenaga lain itu merupakan lemak yang ada pada bagian tubuh kamu. Namun kamu juga perlu berhati-hati untuk melakukan metode diet yang satu ini yaa. Karena metode ini tidak sesederhana mengurangi asupan makanan semata,  terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar bisa menurunkan berat badan secara sehat sehingga tubuh tetap ternutrisi. 

Cara Melakukan Metode Diet Defisit Kalori Agar Berhasil

mengenal metode defisit kalori

Setelah mengenal metode defisit kalori. Ini saatnya untuk kamu mengetahui bagaimana cara melakukan metode diet yang satu ini. Langsung baca aja yukk. 

Metode Defisit Kalori Dengan Menghitung Kebutuhan Kalori Harian Tubuh

mengenal metode defisit kalori

Kebutuhan kalori tubuh kamu bergantung pada berbagai faktor, termasuk tingkat aktivitas, usia, tinggi badan, kualitas tidur, dan berat badan. Nahh, untuk menghitung berapa banyak kalori yang kamu butuhkah setiap harinya, bisa dengan menggunakan kalkulator manual atau online lho. Kamu bisa menggunakan rumus ini untuk menghitung kebutuhan kalori harian tubuhmu ya. 

  • Untuk laki-laki: (88,4 + 13,4 x berat dalam kilogram) + (4,8 x tinggi dalam sentimeter) – (5,68 x usia dalam tahun) 
  • Untuk wanita: (447,6 + 9,25 x berat dalam kilogram) + (3,10 x tinggi dalam sentimeter) – (4,33 x usia dalam tahun) 

Selain menggunakan rumus diatas, kamu juga bisa menggunakan apps yang tentunya lebih praktis lho. Kamu bisa mengunduh apps dibawah ini untuk menghitung kebutuhan kalori harianmu. Selain bisa menghitung jumlah kebutuhan kalori, beberapa apps ini juga bisa menghitung kalori dari setiap makanan yang akan kamu makan. Sehingga kamu tidak merasa khawatir jika kebutuhan kalori harian kamu tidak terpenuhi, karena kamu bisa mengetahui kalori dari setiap makanan.  

  • MyFitnessPal 
  • Lose It! 
  • Fatsecret 
  • Carb Manager 
  • MyNetDiary

Metode Defisit Kalori Dengan Mengatur Pola Makan

mengenal metode defisit kalori

Mengubah dan mengontrol pola makan sehari-hari adalah salah satu kunci berhasilnya defisit kalori. Kamu harus mengonsumsi makanan padat nutrisi dan rendah kalori. Lemak trans dan minuman manis harus kamu hindari. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan jumlah air yang kamu konsumsi dalam satu hari. Karena ini akan membantu kamu agar tetap terhidrasi dan membantu mengurangi asupan minuman manis secara teratur. 

Metode Defisit Kalori Dengan Melakukan Olahraga Secara Rutin

Melakukan olahraga juga bisa membuat diet defisit kalori kamu berhasil lho. Selain membantu meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh, olahraga juga bisa menurunkan massa otot secara bertahap. Oleh karena itu, menggabungkan aktivitas fisik dengan diet dengan metode defisit kalori bisa mendorong penurunan berat badan yang lebih efisien. 

Kesimpulan

Mendapatkan berat badan yang ideal pastinya menjadi keinginan banyak orang. Metode diet defisit kalori diatas bisa menjadi salah satu alternatif untuk menurunkan berat badan serta menjaga berat badanmu lho. Selamat mencoba yaa.   

Baca Juga : Mengetahui Rahasia Parenting Ala Orang Jepang. Kamu Juga Bisa Menerapkannya Lho!

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×