Info Penting! Ketahui Kisaran Biaya Kuliah Di Jepang Yuk

kisaran biaya kuliah di jepang

Kisaran Biaya Kuliah Di Jepang – Selain menjadi tujuan wisata populer, Jepang juga sering dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan bagi banyak pelajar lho. Pasalnya, Jepang memang memiliki kultur pendidikan yang baik, yang sudah terbukti dengan teknologi pesat di negara tersebut. Namun, kamu tentunya harus mempertimbangkan biaya sebelum menuntut ilmu ke luar negeri.  

Kisaran Biaya Kuliah Di Jepang

kisaran biaya kuliah di jepang

Semakin banyak pelajar yang memiliki keinginan untuk melanjutkan studi mereka ke Jepang. Seperti yang kamu tahu, bahwa negeri Sakura memiliki reputasi sistem pendidikan terbaik. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang ingin melanjutkan pendidikannya ke negeri Sakura tersebut. Nah untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Jepang, lihat yuk kisaran biaya untuk kuliah di Jepang. 

Kisaran Biaya Kuliah Di Jepang Untuk Program Sarjana

Biaya kuliah/spp (sumbangan pembinaan pendidikan) ditampilkan per-tahun, bukan per-semester. 

Biaya 

Universitas Negeri 

Universitas Swasta

Pendaftaran (Dalam Yen)

¥ 282.000

¥ 250.000 – ¥ 300.000

Tuition Fee (Dalam Yen)

¥ 535.800

  • ¥ 1.230.000 (jurusan Engineering)
  • ¥ 920.000 (jurusan Ekonomi)
  • ¥ 1.400.000 (jurusan Seni)

*note: untuk tuition fee di Universitas Swasta berbeda-beda tergantung universitas dan jurusan

 

Untuk biaya kuliah atau tuition fee diatas merupakan biaya per tahun yaa. Nahh besarnya biaya kuliah juga dipengaruhi oleh jurusan yang kamu ambil. Biasanya, mahasiswa sains dan kedokteran memiliki total biaya kuliah yang lebih tinggi karena biaya peralatan untuk laboratorium dan eksperimen. 

Kisaran Biaya Kuliah Di Jepang Untuk Professional Training College

Program kuliah ini biasanya berlangsung selama 2 tahun, meskipun ada juga yang 3 sampai 4 tahun. Nah program Professional Training College (Senmon Gakko) ini lebih mengutamakan pembelajaran praktek. Berikut ini kisaran biaya untuk beberapa jurusan dari Professional Training College  Senmon Gakko 

Jurusan 

Pendaftaran (Dalam Yen)

Tuition Fee (Dalam Yen)

Personal Care

¥ 175.000

¥ 1.235.000

Keperawatan 

¥ 272.000

¥ 1.133.000

Teknologi 

¥ 205.000

¥ 1.041.000

Pertanian 

¥ 180.000

¥ 1.025.000

Budaya/Pendidikan Umum

¥ 153.000

¥ 1.030.000

Bisnis 

¥ 120.000

¥ 935.000

Pendidikan/Kesejahteraan

¥ 139.000

¥ 915.000

Fashion/Home Science

¥ 184.000

¥ 794.000

Kisaran Biaya Kuliah Di Jepang Untuk College Of Technology

Jika kamu ingin melanjutkan kuliah kamu di Biaya kuliah di salah satu College of Technology (Kosen) di Jepang. Nahh Informasi dibawah ini akan sangat cocok untuk kamu. College of Technology yang ada di Jepang  dikelola oleh pemerintah Jepang (negeri). Untuk kamu pelajar asing, hanya bisa mengikuti program ini setelah lulus SMA dan menempuh durasi program selama 3 tahun. Langsung baca aja yuk kisaran biayanya.  

College of Technology 

Pendaftaran (Dalam Yen) : ¥ 85.000 

Tuition Fee (Dalam Yen) : ¥ 234.600 

Mengatur Keuangan Selama Kuliah Di Jepang

kisaran biaya kuliah di jepang

Biaya pendidikan di Jepang umumnya memang lebih tinggi daripada di Indonesia. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa mencoba untuk apply beasiswa juga lho. Dengan adanya beasiswa tentunya akan sangat membantu meringankan biaya pendidikan kamu di Jepang nanti. Nahh selain dengan apply beasiswa, kamu juga bisa melakukan beberapa tips berikut untuk menghemat biaya pengeluaran selama kamu berkuliah di Jepang. Baca langsung yukk.  

Menggunakan Transportasi Umum

kisaran biaya kuliah di jepang

Manfaatkan fasilitas transportasi umum di Jepang saat bepergian. Selain menggunakan transportasi umum, kamu juga bisa menggunakan sepeda lho.  

Masak Sendiri

Membuat makanan sendiri tidak hanya menghemat pengeluaran kamu lho. Akan tetapi, juga bisa menghilangkan ketergantungan kamu pada toko atau tempat makan tertentu. 

Belanja Saat Diskon

Pada waktu-waktu tertentu banyak toko di Jepang yang menawarkan diskon hingga 50%. Nahh diskon ini biasanya juga berlaku untuk makanan juga lho. Kamu bisa menggunakan cara ini untuk menghemat juga.  

Kesimpulan

Biaya pendidikan dari satu negara tentunya berbeda dari negara lain. Seperti yang kamu tahu bahwa biaya pendidikan di Jepang lebih tinggi dari pada biaya pendidikan di Indonesia. Nahh informasi mengenai kisaran biaya pendidikan di Jepang tadi semoga bisa bermanfaat untuk kamu ya. Meskipun biaya pendidikan di Jepang tinggi, kamu bisa lho tetap melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan apply beasiswa.   

 

Baca Juga :

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×