Ketahui Yuk Fakta Heterochromia! Salah Satu Kelainan Langka Pada Mata

fakta heterochromia kelainan pada mata

Fakta Heterochromia Kelainan Pada Mata – Mata adalah bagian tubuh yang paling mudah untuk diamati. Selain itu, warna iris mata juga menjadi hal pertama yang biasanya akan diperhatikan seseorang. Namun, bagaimana jika iris mata memiliki warna yang berbeda? Kondisi ini disebut dengan Heterochromia. Ingin mengetahui lebih mendalam mengenai Heterochromia? Baca informasi berikut ini yaa! 

Mengenal Heterochromia

fakta heterochromia kelainan pada mata

Heterochromia adalah istilah kesehatan yang digunakan untuk seseorang dengan warna mata yang berbeda atau memiliki lebih dari satu warna mata. Kondisi mata ini biasanya tidak menimbulkan masalah apa pun. Hal ini hanya disebabkan oleh kelainan genetik yang dibawa oleh gen orang tua. Selain itu, kondisi ini juga bisa tiba-tiba terjadi lho dan ini merupakan pertanda terjadi masalah pada kesehatan kamu. Oleh karena itu, kamu perlu waspada jika tiba-tiba warna iris mata kamu berubah yaa.   

Fakta-Fakta Dari Heterochromia

fakta heterochromia kelainan pada mata

Setelah mengenal Heterochromia, sekarang saatnya kamu mengetahui beberapa fakta mengenai Heterochromia yang merupakan salah satu kelainan pada mata. Langsung baca saja yukk! 

Fakta Heterochromia Kelainan Pada Mata (Merupakan Keadaan Yang Langka)

Kondisi mata yang memiliki iris berbeda merupakan kondisi yang jarang terjadi. Kondisi ini hanya terjadi pada 1% dari populasi saja, sehingga bisa dikatakan kalau kondisi ini langka. Nahh bukti tersebut bisa menjelaskan bahwa kondisi mata Heterochromia ini merupakan keadaan yang langka yaa.  

Fakta Heterochromia Kelainan Pada Mata (Bisa Diturunkan)

Mayoritas pemilik mata yang berbeda warna adalah karena bawaan sejak lahir. Selain itu, keadaan ini juga bisa karena diturunkan secara genetik dari orang tua. Ini terjadi jika salah satu dari orang tua memiliki kondisi yang serupa, maka hampir 50 persen keturunannya dapat mengalami kondisi yang serupa. 

Fakta Heterochromia Kelainan Pada Mata (Memiliki Tiga Tipe)

Heterochromia memiliki tiga tipe lho. Ini dia tipe-tipe dari Heterochromia. 

Central Heterochromia

fakta heterochromia kelainan pada mata

Central Heterochromia merupakan salah satu tipe dari heterochromia yang biasanya ditandai dengan warna lingkar luar pada mata berbeda dari lingkar dalam mata. Tipe ini cenderung terjadi pada iris yang memiliki kadar melanin rendah. 

Complete Heterochromia

Orang dengan kondisi ini memiliki dua warna mata yang berbeda. Misalnya, mereka mungkin memiliki satu mata hijau dan satu mata cokelat. 

Sectoral Heterochromia

Sectoral Heterochromia atau dikenal juga sebagai Heterochromia parsial. Tipe ini biasanya menyerupai bintik tidak beraturan pada iris mata dan tidak membentuk cincin di sekitar pupil. 

Banyak Hewan Mengidap Heterochromia

Hewan mengalami Heterochromia lebih banyak daripada manusia. Hewan tertentu, seperti husky dan kucing Turki banyak yang mengalami kondisi ini.  

Dapat Disebabkan Oleh Kondisi Medis

Heterochromia tidak selalu diturunkan, itu juga bisa diakibatkan oleh penyakit atau kondisi lingkungan. Selain itu, berbagai kondisi seperti glaukoma, diabetes melitus, dan sindrom Posner-Schlossman bisa terjadi karena Heterochromia . Segera pergi ke dokter untuk pemeriksaan jika kamu melihat perubahan warna iris mata yaa. 

Kesimpulan

Meskipun memiliki Heterochromia saat lahir seringkali tidak bermasalah secara medis. Akan tetapi bisa juga keadaan ini muncul tiba-tiba lho. Oleh karena itu, kamu juga harus selalu memperhatikan kondisi mata kamu ya. Saat Heterochromia muncul tiba-tiba, sebaiknya kamu segera melakukan pemeriksaan ke Dokter.  

 

Baca Juga : Kamu Harus Tahu! Beberapa Olahraga Mata Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×