Ini Dia Beberapa Manfaat Menggunakan Kacamata Anti Radiasi

manfaat kacamata anti radiasi

Manfaat kacamata anti radiasi salah satunya adalah untuk menghalangi mata dari paparan cahaya tertentu secara langsung. Akhir-akhir ini jenis kacamata yang satu ini banyak dicari karena orang-orang yang bekerja terutama yang berhadapan dengan komputer berusaha melindungi mata mereka dari potensi gangguan. 

Mengapa Kamu Memerlukan Kacamata Anti Radiasi?

Kacamata anti radiasi berguna untuk menghalangi paparan cahaya biru karena cahaya biru adalah salah satu jenis cahaya yang tidak baik untuk mata. Cahaya biru adalah nada cahaya yang terlihat oleh mata manusia dan berkisar antara 380 nm hingga 500 nm. Cahaya biru ada di sekitar dan kamu bisa menemukannya dari sinar matahari, cahaya fluorescent, LED, monitor komputer, smartphone, dan layar tablet. 

Kamu bisa terpapar cahaya ini sat berada di luar ruangan, tetapi kamu juga bisa terpapar cahaya biru dari barang-barang elektronik. Umumnya bisa dari lampu neon dan LED. Selain itu, kamu juga bisa menerima cahaya biru dari televisi layar datar, layar komputer, telepon pintar, dan perangkat digital lainnya. Namun, ini tidak sebanyak yang dipancarkan matahari.  Bagi kamu yang banyak menghabiskan waktu untuk bekerja dengan menghadap komputer atau laptop, kamu perlu berhati-hati lho. Selain bisa merusak penglihatan, cahaya biru ini juga bisa menimbulkan sakit kepala jika kamu terpapar sinar ini dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, inilah mengapa kacamata anti radiasi diperlukan. 

Manfaat Menggunakan Kacamata Anti Radiasi

Kacamata anti radiasi dapat meningkatkan penglihatan dan melindungi mata dari silau atau rasa sakit saat kamu menggunakannya. Selain itu, ternyata masih banyak lagi manfaat dari jenis kacamata yang satu ini lho. Beberapa manfaat dibawah ini bisa kamu dapatkan saat kamu menggunakan kacamata anti radiasi. 

Menghindari Kerusakan Pada Mata

Keuntungan utama memakai kacamata anti radiasi adalah untuk melindungi mata dari risiko paparan sinar UV yang berlebihan, yang bisa menimbulkan penyakit katarak, degenerasi makula, kerusakan retina, dan kanker mata. 

manfaat kacamata anti radiasi

Meringankan Mata Lelah Dan Mata Kering

Gejala mata lelah dan mata kering biasanya dirasakan setelah seseorang terlalu lama menatap layar perangkat. Biasanya, orang yang bekerja atau belajar online merasakan mata kering dan mata lelah karena terlalu banyak menghabiskan waktu menatap layar komputer. Orang yang menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari, terutama saat panas, juga bisa terkena penyakit ini. Mengenakan kacamata anti radiasi dapat mengurangi atau menghindari gejala mata kering, mata lelah, dan ketegangan mata yang disebabkan oleh cahaya biru dan radiasi UV.  

manfaat kacamata anti radiasi

Meningkatkan Kualitas Tidur

Kemampuan tubuh untuk memproduksi hormon melatonin dapat terganggu oleh paparan sinar biru yang berkepanjangan. Paparan sinar biru yang berkepanjangan bisa mempengaruhi siklus tidur dan bangun alami tubuh kamu. Mengakibatkan kantuk di siang hari dan kesulitan tidur di malam hari (insomnia). Kamu bisa memakai kacamata anti radiasi untuk mengurangi efek negatif dari paparan cahaya biru. Produksi hormon melatonin yang stabil dipertahankan oleh kemampuan kacamata ini untuk menghalangi cahaya biru memasuki mata. Karena itu, meskipun kamu sering menatap layar saat bekerja, paparan cahaya biru dari layar tidak sepenuhnya mengenai matamu secara langsung. 

manfaat kacamata anti radiasi

Kesimpulan

Bahaya cahaya biru dapat terakumulasi dari waktu ke waktu dan memiliki pengaruh pada mata kamu bahkan di kemudian hari. Akan tetapi menggunakan kacamata anti radiasi dapat mencegah paparan langsung dari cahaya biru ke mata kamu. Dengan menggunakan kacamata anti radiasi, kamu juga dapat mencegah kerusakan mata.   

Baca Juga : Beberapa Kebiasaan Untuk Menjaga Kesehatan Mata 

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×