Ini Dia Beberapa Kebiasaan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Yang Bisa Kamu Lakukan

kebiasaan untuk menjaga kesehatan mata

Kebiasaan Untuk Menjaga Kesehatan Mata – Kesehatan mata sangat penting untuk dijaga karena mata merupakan organ penting dari tubuh. Hampir pada semua kegiatan harian kamu menggunakan indra penglihatan ini.  Namun, kamu tentunya tahu bahwa fungsi mata akan memburuk seiring bertambahnya usia. Memburuknya fungsi mata juga bisa disebabkan oleh berbagai macam kegiatan yang ternyata secara tidak langsung bisa merusak fungsi mata kamu lho. Selain itu, banyak masyarakat yang belum memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan mata. Keadaan seperti itu pada akhirnya dapat meningkatkan kemungkinan resiko gangguan pada indra penglihatan kamu. 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu organ yang sangat vital untuk dijaga kesehatannya adalah mata. Kamu bisa melihat segala sesuatu di sekitar dengan mata. Menjaga kesehatan mata sangat penting, tapi banyak orang sering mengabaikannya. Mengingat betapa pentingnya mata untuk kelangsungan hidup. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata harus menjadi prioritas utama kamu yaa. 

Kebiasaan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Yang Bisa Kamu Lakukan

Sebenarnya cukup sederhana dan mudah untuk menjaga kesehatan mata. Beberapa kebiasaan ini bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata kamu : 

Mengonsumsi Makanan Sehat

kebiasaan untuk menjaga kesehatan mata

Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A, C, dan E serta lutein, zeaxanthin, dan zinc adalah metode terbaik untuk menjaga kesehatan mata. Kamu dapat menemukan nutrisi tersebut pada makanan sehari-hari. Seperti pada buah beri, buah jeruk, bayam, brokoli, wortel, almond, tuna, salmon, telur, dan masih banyak lagi. 

Tidak Terlalu Lama Menggunakan Gadget

kebiasaan untuk menjaga kesehatan mata

Kamu mungkin mengalami rasa kering, gatal, berair pada mata, saat kamu menatap layar untuk waktu yang lama. Itu merupakan pertanda bahwa mata kamu lelah lho. Sebaiknya kamu segera menghentikan kegiatan kamu bermain ponsel itu yaa. Selain itu, daerah tubuh tertentu biasanya mengalami pegal jika kamu terlalu lama menggunakan ponsel apalagi kamu menggunakannya dengan posisi yang tidak tepat. 

Jangan Membaca Di Tempat Gelap

kebiasaan untuk menjaga kesehatan mata

Hindari membaca di lingkungan yang remang-remang atau bahkan gelap. Kebiasaan ini bisa mempengaruhi kesehatan mata kamu lho. Sebaiknya, membaca di tempat yang cukup terang dan terbuka, itu bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan mata. Jangan pernah membaca sambil berbaring dan selalu beri jarak antara mata dan buku yang sedang kamu baca.

Melindungi Mata Dari Paparan Sinar UV

Tidak hanya kulit saja, ternyata paparan sinar UV juga bisa mempengaruhi kesehatan mata kamu. Terlalu banyak paparan sinar UV meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula, luka bakar kornea, dan bahkan kanker mata di mata. Oleh karena itu, sebaikanya kamu memakai kacamata hitam yang dapat melindungi mata kamu dari sinar UVA dan UVB saat melakukan aktivitas di siang hari.

Mencuci Tangan Sebelum Menyentuh Mata

kebiasaan untuk menjaga kesehatan mata

Menjaga kebersihan tangan sangat penting dilakukan, apalagi bagi kamu yang menggunakan lensa kontak. Untuk menghindari infeksi mata maka kamu harus selalu menjaga kebersihan tangan. Sebelum memakai atau melepas lensa kontak, selalu bersihkan tangan Anda. Pastikan untuk mengganti lensa kontak Anda secara berkala dan membersihkannya. 

Melakukan Pemeriksaan Rutin Ke Dokter Mata

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk kesehatan mata adalah melakukan pemeriksaan ke dokter mata secara teratur. Tujuannya adalah untuk mengawasi kondisi mata kamu. Melakukan pemeriksaan mata tidak hanya diperuntukkan pada orang dewasa, tapi anak-anak juga bisa melakukan pemeriksaan mata secara teratur untuk mencegah adanya penyakit pada mata sedari dini yaa.    

Kesimpulan Kebiasaan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu indra yang penting untuk kelangsungan hidup semua orang. Oleh karena itu, kamu harus menjaga kesehatan mata yaa. Beberapa cara diatas bisa mulai kamu terapkan agar mata kamu tetap sehat yaa. Jangan sampai kamu menyesal saat mata kamu sudah rusak lhoo.   

Baca Juga :

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×