Kamu Harus Waspada! Ditemukan Subvarian Covid-19 Omicron XBB

ditemukan subvarian covid-19 omicron XBB

Ditemukan subvarian Covid-19 Omicron XBB pada Agustus lalu di India, membuat semua orang kembali khawatir. Subvarian baru ini disinyalir menjadi penyebab dari kenaikan kasus Covid di Singapura serta beberapa negara lain. Kasus Subvarian Omicron XBB pertama kali di Indonesia terdeteksi pada seorang perempuan yang baru saja kembali dari Lombok karena transmisi lokal. Dengan munculnya Subvarian terbaru ini, kamu harus memiliki pemahaman mengenai subvarian terbaru dari Covid serta seberapa besar resikonya, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus 

Mengenal Subvarian Omicron XBB

ditemukan subvarian covid-19 omicron XBB

Seperti jenis virus lainnya, Covid-19 juga terus bermutasi dan berevolusi. Subvarian XBB merupakan kombinasi dari sub-varian sebelumnya yaitu BJ.1 dan BA.2.75. Subvarian XBB memiliki keunggulan pertumbuhan dibandingkan BA.2.75 sebelumnya dan sifat penghindaran kekebalan yang kuat, yang memungkinkannya untuk dengan mudah melampaui kekebalan alami.   Penyebaran varian ini memang lebih cepat dibandingkan dengan varian-varian sebelumnya. Namun pasien dari Covid varian XBB ini memiliki tingkat rawat inap 30% lebih rendah. Menjadi tugas bagi pemerintah dan seluruh masyarakat untuk menekan penyebaran subvarian XBB ini, karena penyebaran yang cepat pun bisa menjadi berbahaya ketika tak ditangani dengan cepat pula. 

Gejala Dari Subvarian XBB

ditemukan subvarian covid-19 omicron XBB

Secara umum, gejala covid varian XBB tidak jauh berbeda dengan varian sebelumnya. Gejala covid memang terkenal tidak begitu jelas dan menyerupai banyak penyakit lain. Varian Omicron XBB mencirikan gejala pada saluran pernapasan ringan hingga sedang seperti sakit tenggorokan, sesak napas, kelelahan, nyeri otot, dan nyeri tubuh. Beberapa pasien juga melaporkan mual, muntah, dan diare. Meskipun gejalanya mungkin mirip dengan flu biasa, mereka tidak boleh dianggap enteng dan harus dilaporkan ke dokter yang merawat sedini mungkin. 

Mencegah Covid Varian XBB

ditemukan subvarian covid-19 omicron XBB

Mencegah varian XBB juga sama dengan cara pencegahan covid sebelumnya. Berikut adalah beberapa protokol kesehatan dan hal tambahan yang harus kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah penularan covid. 

Mencegah Subvarian Baru Dari Covid-19 Omicron XBB Dengan Memakai Masker

Pencegahan pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan masker. Selain itu kamu juga harus rutin mengganti masker kamu, jangan menggunakan masker lebih dari sekali. 

Mencegah Subvarian Baru Dari Covid-19 Omicron XBB Menjaga Jarak

Menjaga jarak juga harus kamu lakukan. Hal ini untuk melindungi kamu dari paparan virus dari orang lain. 

Mencegah Subvarian Baru Dari Covid-19 Omicron XBB Rajin Mencuci Tangan

Mencuci tangan merupakan kegiatan wajib yang harus kamu lakukan. Kamu harus mencuci tangan setelah bepergian dan memegang benda-benda yang ada di luar. 

Mencegah Subvarian Baru Dari Covid-19 Omicron XBB Menghindari Kerumunan

Menghindari kerumunan adalah hal yang harus kamu lakukan untuk menghindari dari paparan virus. Selain menjaga diri kamu, menghindari kerumunan juga bisa menjadi langkah untuk menjaga orang-orang sekitar kamu.  Apabila kamu telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari, berarti kamu telah berperan besar dalam pencegahan covid. Menerapkan protokol kesehatan tidak hanya berarti peduli pada diri sendiri, namun juga peduli terhadap orang dan lingkungan sekitar. 

Kesimpulan

Munculnya dan ditemukan subvarian baru dari covid-19 Omicron XBB merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, kesadaran dan kewaspadaan kita terhadap virus covid harus ditingkatkan. Semoga informasi ini bermanfaat dalam menambah wawasan dan kewaspadaan kita terhadap virus covid.   

 

Baca Juga : Softlens Hilang Di Belakang Mata, Apakah Benar? Mitos Atau Fakta Yaa

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×