Cara Mengatasi Mata Berair Serta Ketahui Penyebabnya

Cara Mengatasi Mata Berair – Mata berair bisa terjadi karena efek dari menguap, tertawa, atau menangis. Namun, apa yang terjadi jika kamu tidak melakukan aktivitas apa pun yang dapat membuat mata kamu berair, tetapi malah mengeluarkan air? 

Faktor Penyebab Mata Berair

Penyaring air mata yang tidak berfungsi dengan baik atau kondisi mata yang menyebabkan produksi air mata berlebihan adalah penyebab mata berair. Uniknya, mata kering adalah penyebab dari mata berair lhoo. Hal ini dikarenakan, saat mata dalam kondisi kering, maka produksi air mata dari saluran air mata akan meningkat.

Selain itu, sejumlah faktor lain juga dapat menyebabkan mata berair lhoo. Sebagai contoh saat kamu flu atau saat alergi. Kemudian, mata juga akan berair saat mata kamu lelah. Kasus lain dari mata berair juga bisa disebabkan oleh benda asing yang secara tidak sengaja masuk ke mata kamu, seperti bulu mata atau debu.  

Cara Mengatasi Mata Berair

Sebagian besar kasus mata berair sembuh dengan sendirinya dan tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, kondisi ini terkadang menimbulkan masalah yang menghambat aktivitas dan kenyamanan sehingga perlu perawatan ekstra. 

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mata berair: 

Mengompres Mata

Kompres mata dengan handuk basah hangat selama beberapa kali dalam sehari. Cara ini bisa kamu lakukakan, saat mata kamu berair karena pembengkakan.

  cara mengatasi mata berair

Menggunakan Obat Tetes Mata

Untuk menangani mata kering, kamu bisa menggunakan obat tetes mata. Karena obat ini bisa menjaga kelembapan mata, sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi mata kering salah satu penyebab dari mata yang berair. 

Mengonsumsi Obat

Salah satu faktor penyebab mata berair yaitu bisa karena alergi. Oleh karena itu, kamu bisa konsumsi obat antihistamin, yang sesuai anjuran dokter.

cara mengatasi mata berair

Memeriksa Kondisi Mata Ke Dokter

Bila mata berair disebabkan oleh konjungtivitis atau infeksi mata, akan lebih baik kamu segera pergi ke dokter. Dengan begitu dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk mengatasinya.

cara mengatasi mata berair 

Kesimpulan

Dalam kebanyakan kasus, mata berair tidak perlu ditangani oleh dokter. Namun, jika keadaan ini menyebabkan kamu kesulitan melakukan tugas sehari-hari atau disertai dengan keluhan mata merah, nyeri kelapa yang menyiksa, atau gangguan penglihatan. Kamu harus segera mencari pertolongan medis agar bisa mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat yaa.   

Baca Juga :

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×