5 Deretan Festival Musim Gugur Jepang

Deretan Festival Musim Gugur di Jepang yang Tidak Boleh DilewatkanJepang adalah negara yang terkenal dengan segudang tradisi dan budaya, sehingga banyak menarik perhatian wisatawan asing. Negara yang identik dengan bunga sakura ini juga terkenal dengan berbagai festival dan acara tahunannya yang mengagumkan looh. Selain acara tahunan, pada setiap musimnya Jepang juga memiliki festival budaya yang berbeda sebagai penanda pergantian musim.  Jika kamu berkunjung ke jepang antara bulan September-November, beberapa kota di Jepang akan terasa lebih sejuk. Ini pertanda bahwa musim gugur telah tiba. Pada musim ini, beberapa festival budaya yang berkaitan dengan alam dan hasil pertanian juga diadakan, yang tentu saja sangat menarik untuk kamu kunjungi. Berikut adalah beberapa festival musim gugur yang menarik dan sayang jika kamu lewatkan: 

1. FestivalTsukimi

festival musim gugur di jepang

Makna Dan Tujuan Festival

Tsukimi merupakan festival melihat bulan yang dilaksanakan saat musim gugur di Jepang. Tsukimi berasal dari dua kata, tsuki yang berarti bulan dan mi berarti melihat. Tidak hanya sekedar melihat bulan saja. Festival Tsukimi ini pada dasarnya dilaksanakan untuk berterima kasih kepada para dewa atas panen yang melimpah dan berdoa untuk hadiah serupa di masa depan.  

Waktu Pelaksanaan Festival

Festival turun-temurun ini diselenggarakan pada pertengahan musim gugur. Pada tanggal 15 bulan kedelapan pada kalender lunar. Jika dikonversikan ke kalender internasional akan jatuh di bulan September atau Oktober. 

Tempat Pelaksanaan Festival 

Mayoritas penduduk Jepang melaksanakan festival ini di kediaman masing-masing. Biasanya festival ini dilaksanakan dengan duduk berkumpul di balkon atau di halaman belakang rumah. Selama festival tsukimi berlangsung, Tokyo Skytree juga akan mengadakan event untuk para pengunjung yang ingin melihat bulan dari menara ini. 

2. Festival Nagoya

festival musim gugur di jepang

Makna Dan Tujuan Festival

Festival Nagoya merupakan salah satu festival musim gugur terbesar di Nagoya. Festival ini diadakan untuk menghormati 3 laki- laki terkuat di Jepang pada era pertengahan, ialah Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi, serta Tokugawa Ieyasu. Sangat cocok untuk kamu yang memiliki ketertarikan pada sejarah dan budaya, karena festival ini juga diiringi dengan arakan Mikoshi para laki- laki serta perempuan dengan pakaian era dulu dan musik Kagura. 

Waktu Pelaksanaan Festival

Festival ini dilangsungkan selama dua hari, biasanya pada hari Sabtu dan Minggu. Pada pertengahan Oktober akan dilangsungkan arak-arakan yang menjadi daya tarik utama dari festival ini. 

Tempat Pelaksanaan Festival

Paradenya dilangsungkan pada setiap jalan kota Nagoya, dengan rute yang berbeda. Bagi kamu yang berencana pergi ke Nagoya pada bulan Oktober mendatang, festival Nagoya bisa kamu masukkan list wisata yang bisa dikunjungi juga lhoo. 

3. Festival Takayama

festival musim gugur di jepang

Makna Dan Tujuan Festival

Tujuan dilaksanakan festival Takayama adalah sebagai ungkapan rasa syukur atas panen yang melimpah kepada Dewa. Festival Takayama juga dinobatkan sebagai salah satu festival terindah di jepang lhoo. 

Waktu Pelaksanaan Festival

Festival ini diadakan dua kali setahun pada musim semi dan musim gugur. Untuk festival musim gugurnya diadakan setiap tahun pada tanggal 9-10 Oktober.  

Tempat Pelaksanaan Festival

Takayama musim gugur dilaksanakan di kuil Hachiman yang terletak di bagian utara kota tua Takayama. Festival takayama juga mengadakan parade melintasi kota yang rutenya dimulai dari area depan kuil Hachiman. Parade ini langsungkan pada malam hari sebagai puncak acaranya. Bagi kamu yang akan berkunjung ke Jepang pada musim gugur jangan lupa dicatat tanggalnya. 

4. Festival Kaname

festival musim gugur di jepang

Makna Dan Tujuan Festival

Tujuan dari festival ini adalah sebagai tanda terima kasih atas panen yang melimpah. Pada awalnya hanya pedeta Shinto yang melakukan ini, dengan mempersembahkan beras yang baru dipanen kepada dewa. Setelah beberapa waktu berlalu, penduduk Jepang juga ikut melakukannya dengan mempersembahkan beras yang dipanen lebih awal.  

Waktu Pelaksanaan Festival

Festival ini dilangsungkan pada awal musim gugur. Karena tujuan dari festival ini sendiri adalah sebagai ungkapan rasa syukur atas panen pada musim lalu yang berlimpah. 

Tempat Pelaksanaan Festival

Festival Kaname dilakukan oleh sebagian besar penduduk Jepang. Bertempat di kuil-kuil yang tersebar di seluruh penjuru Jepang. 

5. Festival Tori No Ichi

Makna Dan Tujuan Festival

Tori no Ichi diadakan untuk berdoa demi kesuksesan bisnis dan keberuntungan. Festival ini dilakukan dengan mempersembahkan Tori ke kuil.  

Waktu Pelaksanaan Festival

Festival tahunan yang dilaksanakan pada bulan November ini berlangsung selama 24 jam lhoo. Puncaknya pada malam hari dengan banyak lentera yang dinyalakan sebagai penerang. 

Tempat Pelaksanaan Festival

Tori no Ichi yang sangat terkenal di Tokyo diadakan di Kuil Chokokuji. Kuil ini  berada sekitar 1 km sebelah utara Kuil Sensoji di Asakusa.    

Kesimpulan

Itulah beberapa festival menarik pada musim gugur di Jepang. Bagi kamu yang memiliki rencana untuk pergi ke Jepang untuk menikmati musim gugurnya. Jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikan beberapa festival diatas yaa. Catat juga tempat dan tanggalnya. Kira-kira festival apa yang mau kamu saksikan?    

Baca Juga:

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×