Softlens Mengganjal di Mata? Ikuti Beberapa Solusi Ini!

Bagi pemula maupun yang sudah beberapa kali memakai softlens, memiliki kemungkinan untuk mengalami kejadian seperti softlens mengganjal di mata. Softlens mengganjal pada mata dapat disebabkan oleh efek penggunaan lensa kontak itu sendiri, maupun hal yang tidak ada hubungannya dengan penggunaan lensa kontak.

Ada beberapa penyebab softlens mengganjal:

  • Sindrom mata kering akibat pemakaian softlens dalam jangka panjang. Biasanya, durasi penggunaan melebihi batas yang sudah dianjurkan. Gejalanya dapat berupa mata yang terasa berpasir, merah, dan buram yang sifatnya sementara.
  • Keratitis, atau peradangan pada kornea mata akibat adanya infeksi
  • Alergi terhadap komponen dalam softlens atau zat pada cairan softlens
  • Abrasi kornea, atau lecet pada kornea
  • Konjungtivitas, peradangan pada konjungtiva
  • Ada permasalahan pada softlens (sedikit sobek, kering, pemakaian terbalik, ada benda asing yang menempel pada lensa kontak, dan sebagainya)
  • Adanya benda asing pada mata (hewan kecil atau debu)
  • Penyakit mata seperti hordeolum/bintitan atau kalazion.

Softlens Mengganjal di Mata? Ikuti Beberapa Langkah Ini!

1. Gunakan cairan softlens yang sesuai dengan softlens Anda

Terdapat banyak pilihan cairan softlens yang dipasarkan dengan harga yang variatif. Seringkali, merk yang begitu banyak dan berbeda-beda membuat kita bingung untuk memilih cairan softlens yang cocok untuk softlens yang Anda miliki. Hal ini tidak jarang terjadi pada pemakai softlens pemula. Cairan softlens yang digunakan sangat berpengaruh terhadap softlens yang akan kita pakai. Jika Anda memilih cairan yang tidak cocok, maka hal tersebut akan menambah kemungkinan bagi softlens untuk mengganjal pada saat dipakai. Salah satu cairan softlens yang cocok dengan brand Ageha adalah cairan softlens dengan merk Bio True Multi Purpose Solution.

2. Pastikan posisi softlens tidak terbalik

softlens terbalik

 

Setelah mengetahui cairan softlens apa yang cocok dengan softlens Anda, pastikan softlens terlebih dahulu dibersihkan dan dicuci sebelum dipakai. Pada poin ini, Anda harus memperhatikan dengan saksama agar softlens nantinya digunakan pada posisi yang benar. Tidak jarang, bagian luar disalahartikan sebagai bagian dalam, sehingga softlens akan mengganjal pada saat digunakan. Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan apakah ada bagian softlens yang robek atau benjol. Sebagai tips untuk mengetahui apakah softlens sudah berada pada posisi yang benar, perhatikan bahwa bagian softlens dengan warna yang lebih terang adalah bagian depan dari softlens, demikian sebaliknya. Untuk informasi yang lebih jelas mengenai cara membedakan sisi softlens agar tidak terbalik, Anda bisa cek konten Instagram kami di sini.

3. Rendam ke dalam cairan softlens yang dipanaskan (80-99 derajat Celcius)

Terkadang, cairan softlens yang Anda gunakan sudah sesuai, dan Anda tidak pernah mengenakan softlens dalam posisi terbalik, namun softlens masih saja mengganjal ketika dipakai. Maka, cobalah cara yang cukup efektif untuk mengatasinya yaitu dengan merendam softlens selama 1 malam ke dalam cairan softlens yang telah dipanaskan sampai ke titik sebelum mendidih. Namun, sebaiknya jangan rendam softlens lebih dari 24 jam untuk menghindari adanya kontaminasi yang berpotensi mengakibatkan iritasi pada mata Anda. 

4. Konsultasikan pada staff untuk solusi yang tepat

Setelah Anda melakukan langkah ke-3 dengan merendam softlens selama 1 malam dengan cairan softlens yang telah dihangatkan, namun permasalahan belum teratasi, Anda bisa konsultasikan ke staff kami untuk mendapatkan solusi terbaik untuk softlens Anda.

 

Demikian informasi mengenai cara mengatasi softlens yang mengganjal. Jika Anda ingin tahu mengenai info lainnya, Anda dapat klik di sini.

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×