Tips Mudah Mengatasi Rambut Rontok Yang Bisa Kamu Contek

tips mengatasi rambut rontok

Tips Mengatasi Rambut Rontok – Menemukan beberapa helai rambut yang rontok saat menyisir atau keramas, merupakan hal yang biasa dialami oleh banyak orang. Kerontokan rambut ini  merupakan hal yang wajar terjadi. Akan tetapi, kamu perlu waspada saat rambut kamu rontok secara berlebihan. Karena hal itu bisa menyebabkan kebotakan. 

Penyebab Rambut Rontok

tips mengatasi rambut rontok

Setiap orang rata-rata kehilangan antara 50 dan 100 helai rambut per hari, karena rambut baru terus tumbuh pada saat yang bersamaan. Kerontokan ini wajar dan tidak menimbulkan penipisan rambut di kulit. 

Selain karena proses tumbuhnya rambut baru, beberapa hal ini juga bisa menjadi penyebab kerontokan pada rambut: 

Riwayat Keturunan

Faktor keturunan seiring bertambahnya usia adalah penyebab paling umum dari kerontokan rambut. Kondisi Ini sering terjadi dari waktu ke waktu dan dalam pola yang teratur. 

Perubahan Hormonal

Kerontokan rambut permanen atau sementara dapat disebabkan oleh sejumlah keadaan. Keadaan tersebut antara lain disebabkan oleh kehamilan, persalinan, menopause, dan masalah tiroid. 

Styling Rambut

Gaya rambut yang berlebihan dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh perawatan rambut yang panas dan tahan lama. 

Tips Mengatasi Rambut Rontok

tips mengatasi rambut rontok

Beberapa tips ini bisa kamu lakukan untuk mencegah kerontokan rambut.  

Tips Mengatasi Rambut Rontok Dengan Tidak Terlalu Sering Melakukan Keramas

Banyak orang percaya bahwa keramas setiap hari mampu menjaga kesehatan rambut. Padahal, penggunaan sampo yang berlebihan bisa membuat rambut rusak, kering, rapuh, dan tampak lebih tipis.  Selain itu, menggosok rambut dengan kuat menggunakan handuk setelah keramas dapat menyebabkan kerontokan rambut. Oleh karena itu disarankan melakukan keramas 1-3 kali seminggu dan mengeringkannya dengan handuk lembut untuk mencegah kerontokan rambut. 

Tips Mengatasi Rambut Rontok Dengan Merawat Rambut Secara Benar

Mengikat rambut dan kepang yang terlalu kencang bisa menarik akar rambut, sehingga rambut mudah rontok. Selain itu, melakukan penataan rambut yang menggunakan suhu panas bisa juga merusak rambut kamu dan menyebabkan kerontokan rambut. Oleh karena itu, sebisa mungkin menghindari styling rambut dan mulai merawat rambut kamu sendiri dengan metode yang tidak membahayakan kesehatan rambut.  

Tips Mengatasi Rambut Rontok Dengan Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Malnutrisi dan anemia atau kekurangan darah merupakan dua kondisi yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, stres berat juga menjadi penyebab kerontokan rambut. Untuk itu, cobalah untuk menerapkan gaya hidup sehat serta mengurangi stres. Kamu bisa mulai dengan berolahraga, meluangkan waktu untuk meditasi, dan tidur yang cukup, untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut. 

Tips Mengatasi Rambut Rontok Dengan Memenuhi Asupan Nutrisi

Mendapatkan nutrisi yang cukup, memiliki manfaat tidak hanya untuk kesehatan secara keseluruhan tetapi juga untuk menjaga kesehatan rambut. Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan menyehatkan merupakan salah satu strategi alami untuk mengatasi kerontokan rambut dari dalam ke luar. 

Kesimpulan

Permasalahan rambut rontok tidak bisa selesai dalam waktu singkat. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan beberapa cara diatas secara berkala dan teratur. Namun apabila rambut kamu rontok secara tidak wajar, sebaiknya kamu segera menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga Informasi diatas bermanfaat buat kamu yaa.    

 

Baca Juga : Softlens Hilang Di Belakang Mata, Apakah Benar? Mitos Atau Fakta Yaa

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×