Belajar Hidup Minimalis Ala Orang Jepang Yuk! Simak Juga Beberapa Tipsnya

hidup minimalis ala orang jepang

Hidup Minimalis Ala Orang Jepang – Budaya dari negeri sakura memang sangat menarik untuk dipelajari dan ditiru. Gaya hidup dari orang Jepang juga sering menjadi perbincangan. Tahukah kamu, bahwa banyak orang Jepang yang menjalani gaya hidup minimalis. Bagaimana sih gaya hidup minimalis itu? Kamu bisa mempelajari gaya hidup minimalis ala orang Jepang melalui informasi dibawah ini yaa! 

Gaya Hidup Minimalis

hidup minimalis ala orang jepang

“Less is More” merupakan konsep dasar dari gaya hidup ini. Artinya kamu menjalani hidup dengan tidak memiliki banyak hal atau barang, gaya hidup ini menekankan untuk bisa memisahkan hal yang kamu butuhkan dari hal yang kamu inginkan. Untuk menerapkan gaya hidup ini memang tidak mudah, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba gaya hidup ini lho. Selain bisa meminimalkan kebutuhan, gaya hidup ini juga bisa mengajarkan kamu untuk meminimalkan pengeluaran yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk kamu. 

Menerapkan Gaya Hidup Minimalis Ala Orang Jepang

hidup minimalis ala orang jepang

Kamu bisa mencoba memulai dengan hal-hal sederhana jika memang ingin menerapkan gaya hidup minimalis. Beberapa hal ini bisa kamu lakukan untuk mulai membiasakan diri dengan gaya hidup minimalis. 

Menerapkan Hidup Minimalis Ala Orang Jepang Dengan Mengutamakan Kualitas Daripada Kuantitas

Jika kamu adalah tipe orang yang suka mengoleksi barang-barang, kamu harus merubah kebiasaan itu saat kamu ingin mencoba menerapkan hidup minimalis. Sesuai dengan konsep dari gaya hidup ini yaitu “Less is More”, kamu benar-benar harus bisa memilih barang mana yang penting untuk kamu dan barang mana yang kurang penting.  

Menerapkan Hidup Minimalis Ala Orang Jepang Dengan Merawat Barang dan Pakaian Yang Kamu Miliki

Saat kamu memiliki banyak barang, pastinya kamu akan malas untuk merawat barang-barang itu kan hayoo ngaku. Terlalu banyak barang membuat orang semakin malas untuk merawatnya karena melihat dan menyadari banyaknya tumpukan barang yang harus dirawat. Akhirnya barang-barang tersebut tidak jadi kamu rawat dan menyebabkan kerusakan. Kemudian saat kamu membutuhkan barang itu, kamu tidak bisa memakainya karena rusak. Lalu apa yang akan kamu lakukan? Tentunya membeli barang dan pakaian baru lagi kan? Oleh karena itu, merawat barang dan pakaian yang sudah kamu miliki sangat perlu kamu lakukan yaa. 

Menerapkan Hidup Minimalis Ala Orang Jepang Dengan Menata Barang Dalam Rumah

Penataan furniture serta peralatan pelengkap dalam rumah juga bisa kamu coba lakukan untuk penerapan gaya hidup minimalis. Setelah kamu menyeleksi barang mana yang paling kamu butuhkan, kamu bisa mulai menatanya sesuai jenis barangnya agar nantinya kamu mudah menemukan barang tersebut. Selain itu penataan barang ini juga bisa meningkatkan produktivitas kamu lho. Saat kamu bekerja kamu tidak akan terganggu dengan barang-barang yang bertebaran di sekitarmu. Selain itu saat kamu membersihkan rumah, kamu tidak akan malas lagi karena tidak akan banyak barang yang harus kamu bersihkan. 

Kesimpulan

Perilaku konsumtif merupakan dampak dari pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Mudahnya akses informasi pembelian suatu produk, semakin membuat banyak orang membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Nahh untuk kamu yang ingin mengubah perilaku konsumtif, kamu bisa mencoba menerapkan gaya hidup ala orang Jepang seperti yang sudah dijelaskan diatas ya.    

 

Baca Juga : Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan, Trend Gaya Hidup Yang Populer Saat Ini

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×