Mengucek Mata Bahaya Kah?

mengucek mata

Tahukah kamu bahwa mengucek mata itu berbahaya? Yap! Mengucek mata dapat menimbulkan berbagai macam penyakit mata bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Padahal secara tidak sadar kita sering mengucek mata kita apalagi saat kelilipan.

Menggosok / mengucek mata, kegiatan tersebut dapat merangsang air mata untuk mengalir dan melumasi mata yang kering, menghilangkan debu dan iritasi lainnya. Selain itu, mengucek mata juga dapat mengurangi stres. Karena pada saat menekan bola mata ke bawah saraf vagus menjadi terangsang sehingga memberikan efek memperlambat detak jantung. Hal ini dikenal dengan sebutan oculocardiac refleks. Lalu apa sajakah bahaya yang dapat terjadi ketika kita mengucek mata? Simak yuk selengkapnya :

Bahaya Mengucek Mata

Dapat menyebabkan tekanan pada mata kita

Sebuah penelitian menyatakan bahwa jika kamu menggosok mata terlalu sering, keras, dan dengan jangka waktu yang lama dapat menimbulkan masalah yaitu mata akan mengalami tekanan yang sangat menyakitkan. Profesor Charles McMonnies, dari UNSW School of Optometry and Vision Science, dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Optometry and Vision Science menyatakan bahwa menggosok / mengucek mata memberikan efek tekanan 10 kali dari tingkatan normal.
 

Memperburuk penglihatan (miopia)

Miopia atau mata minus merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami gangguan pada saat melihat objek jarak jauh. Miopia terjadi karena mata tidak dapat memfokuskan cahaya yang masuk ke retina bagian mata yang berfungsi untuk melihat. Bagi penderita gangguan miopia progresif, menggosok dapat berakibat buruk pada penglihatan mereka. Hal ini terjadi karena  retina yang sudah melemah berada di bawah tekanan yang berturut-turut.
 

Mengakibatkan glaukoma

Glaukoma merupakan sejenis penyakit mata yang memiliki gejala tidak langsung, namun lama-kelamaan akan mengurangi daya penglihatan mata dan bisa berujung pada kebutaan. Salah satu penyebab glaukoma adalah karena adanya peningkatan tekanan pada bola mata, yaitu diatas 20mmHg. Tekanan ini bisa terjadi dari kebiasaan kita mengucek mata.
 

Menyebabkan kerusakan saraf

Bagi penderita glaukoma peningkatan tekanan pada mata yang terjadi karena terlalu sering dan terlalu lama mengucek mata mengganggu aliran darah di belakang mata, yang pada akhirnya berdampak pada rusaknya saraf. Hal ini tentu saja sangat merugikan penglihatan mereka.
 

Menyebabkan gangguan keratoconus

Keratoconus merupakan sebuah kondisi dimana kornea mata menjadi melemah dan terdorong ke depan sehingga dapat berubah bentuk menjadi seperti kerucut atau runcing seperti bola rugby. Keadaan ini tentu saja akan membahayakan penglihatan mata.
 

Menyebabkan pembengkakan pada kornea

Menggosok mata setelah bangun tidur dapat menyebabkan pembengkakan pada kornea mata. Karena mata kelebihan cairan sebagai akibat dari kadar oksigen yang rendah dalam semalam. Hal yang sama juga berlaku pada saat seorang pengguna softlens mencopot lensa kontaknya. Selain itu, mengucek mata juga mengakibatkan luka yang terasa sangat sakit dan nyeri pada kornea.
 

Meningkatkan resiko stress dan infeksi mata

Menggosok mata dapat memperburuk keadaan mata yang sudah sakit, menyebabkan mata merah dan gatal. Bagi penderita alergi, hal ini tentu akan membawa dampak penyebaran alergen yaitu seperti serbuk sari dari bulu mata ke permukaan mata, sehingga besar kemungkinan penyebaran kuman dari tangan ke mata bisa mengakibatkan resiko stres serta terjadinya infeksi pada mata.
 

Penipisan kornea mata

Penelitian medis menunjukkan bahwa menggosok mata dapat menyebabkan penipisan kornea. Yang nantinya hal tersebut dapat menyebabkan infeksi berulang, atau lebih buruk, yakni imbas terkenanya keratoconus, yang menyebabkan kerusakan pada penglihatan dimana gangguan ini sering tidak dapat dikembalikan atau tidak bisa sepenuhnya diperbaiki.
 

Akibat Mengucek Mata Yang Paling Berbahaya Adalah Kebutaan

Nah paling berbahaya adalah dapat menyebabkan kebutaan  Hal ini bisa terjadi dari berbagai faktor, seperti glaukoma, katarak, dan berbagai jenis infeksi mata lainnya. Salah satu penyebab yang sepertinya dianggap sepele selama ini adalah kebiasaan mengucek mata yang lama kelamaan bisa mengakibatkan infeksi, iritasi, glaukoma, bahkan pada tingkat kebutaan.

 

Mata Bintitan

Nah bahaya lain mengucek mata dengan tangan adalah terjadinya mata bintitan, penyebab mata bintitan adalah adanya bakteri yang masuk di mata dan menimbulkan alergi. Walaupun banyak cara menghilangkan mata bintitan secara alami, namun lebih baik kita mencegah agar tidak mengganggu aktivitas kita.

Menggosok / mengucek mata tidak meringankan gatal maupun gangguan mata lainnya, tetapi justru akan membuat gangguan tersebut lebih buruk lagi.

Nah, itulah kira – kira bahaya dari kamu mengucek mata, girls…

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×