Bibir Kering dan Pecah

bibir kering

Lagi – lagi mimin mau bahas tentang bibir atau lips nih, girls… Bibir yang menarik dan sehat akan menunjang kecantikan wajah, maka dari itu, kesehatan lips kita harus selalu dijaga. Nah, masalah yang umumnya terjadi pada bibir adalah bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini tentu dapat merusak kecantikan wajah donk. Lips yang pecah mudah terluka dan menimbukan rasa sakit. Bila keadaan ini tidak diobati, dapat menyebabkan infeksi pada bibir. Bagi wanita, cracky lips membuat lipstik yang dipakai tidak menempel dengan baik sehingga dapat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, apa saja penyebab bibir kering dan pecah-pecah? Lalu bagaimana cara pencegahan bibir kering dan pecah-pecah? Yuk langsung aja ke artikel mimin hari ini…
 

Kenali dulu penyebab bibir kering dan pecah-pecah

Untuk dapat mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah, kita perlu mengetahui apa saja penyebabnya. Penyebabnya antara lain sebagai berikut:

  • Polusi udara dan debu
  • Perubahan suhu yang dapat membuat lips kamu tidak dapat beradaptasi sehingga menyebabkan cracky lips
  • Makanan yang terlalu asam atau asin
  • Merokok, kebiasaan minum kopi atau minuman alkohol
  • Kurangnya konsumsi buah atau sayuran
  • Kurang minum air
  • Menggunakan kosmetik yang bahan kimianya terlalu keras atau karena alergi terhadap kosmetik tertentu
  • Pasta gigi yang mengandung banyak detergen
  • Kebiasaan menjilat bibir dengan air liur

 

Cara mencegah bibir kering dan pecah-pecah

Nah, setelah kita mengetahui penyebab cracky lips, hendaknya kita juga melakukan pencegahan agar kita tidak merasakan cracky lips yang dapat membuat kita kurang percaya diri. Beberapa cara untuk mencegah cracky lips antara lain sebagai berikut :
 

  1. Gunakan Lipbalm yang mengandung tabir surya dan pelembab

Sinar matahari merupakan salah satu faktor penyebab keringnya lips sehingga penggunaan tabir surya pada lips menjadi penting. Begitu juga dengan pelembab yang diperlukan agar kelembapan tetap terjaga saat melakukan aktivitas seharian.
 

  1. Pilih lipstick yang sesuai dan mengandung pelembab

Saat membeli kosmetik, perhatikan kandungannya. Pilih kosmetik atau lipstik yang mengandung emollient dan berbahan alami serta mengandung pelembab.
 

  1. Basahi bibir saat merasa kering dengan air putih

Membasahi lip jangan dengan menjilati bibir, karena dalam air liur terdapat kelenjar dan enzim yang dapat membuat iritasi pada lip sehingga lips akan semakin kering. Cukup gunakan air putih atau minum segelas air putih untuk membasahi bibir.
 

Masih nyimak kan girls? 😀

  1. Minum 8 gelas air putih setiap hari

Hal ini dapat mencegah terjadinya dehidrasi yang dapat membuat dried lips.
 

  1. Bersihkan lipstick sebelum tidur

Sisa lipstik dapat dibersihkan menggunakan sikat gigi yang lembut dan lip scrub untuk menyikat bibir dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Dapat pula menggunakan handuk lembut yang dicelupkan ke dalam air hangat untuk membersihkan bibir.
 

  1. Konsumsi sayur dan buah

Pilih sayur dan buah yang mengandung vitamin C, B, E dan mineral. Kadar air yang terdapat pada bibir juga membantu tubuh terhindar dari dehidrasi.
 

  1. No rokok dan no alkohol

Bahan kimia yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan warna hitam pada lips kita loh. Sedangkan alkohol dapat membuat dehidrasi yang berakibat dried lips.
 

  1. Oleskan lipbalm sebelum tidur

Selain menggunakan lip balm yang dijual, kamu dapat menggunakan madu sebagai lipbalm yang dapat memberikan nutrisi pada lips kita.

Nah, dengan kamu mengetahui penyebab masalah dried lips dan cracky lips serta bagaimana cara pencegahannya, sekarang tentunya kamu akan lebih memperhatikan organ tubuh yang mungil di wajah kamu ini kannn. Dan wajah cantik mempesona akan menjadi milikmu!

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×